JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Renungan

Jangan Bangga Melakukan Dosa

Cobaan terberat bagi seseorang adalah ketika dirinya tidak merasa sedang mendapatkan cobaan. Lebih parah lagi jika justru bergembira dengan cobaan itu.
Misalnya, merasa bangga dengan harta yang haram dan terus-menerus melakukan dosa, padahal Ia tahu itu adalah dosa. Manusia seperti itu tak akan terselamatkan ketaatannya.

Renungkanlah keadaan para ulama dan orang yang berpura-pura zuhud. Mereka tidak merasa sedang mendapat cobaan. Kebanyakan mereka sebetulnya sedang mengincar kursi kekuasaan. Sebagian dari mereka tidak menerima bahkan marah jika kesalahannya diperbaiki dan ditegur orang lain.

BACA JUGA:  Kebaikan dan Dosa

Para dai telah menyampaikan nasihat dengan setengah hati sambil berpura-pura. Orang-orang yang pura-pura zuuhud telah munafik dan selalu melakukan perbuatan riya.

Cobaan pertama yang mereka terima ialah berpaling dari kebenaran akibat kesibukannya dengan sesama makhluk. Adapun cobaan yang paling ringan adalah hilangnya kenikmatan dalam bermunajat dan kelezatan beribadah.

Hanya para lelaki dan wanita yang benar-benar beriman dan tidak merasakan hal-hal tersebut. Allah ta’ala menjaganya. Keadaan batin mereka seperti lahirnya, bahkan lebih jernih. Apa yang tersembunyi dari ririnya tidak ubahnya penampilan mereka, bahkan lebih indah.

BACA JUGA: Andai Kita Memikul Beratnya Dosa

Semangat mereka pun tinggi laksana bintang.

Jika dikenal, mereka menutupi diri. Ketika manusia hanyut dalam kelalaian, mereka larut dalam kesadaran dan perenungan. Mereka dicintai setiap jengkal Bumi, dan malaikat-malaikat langit membanggakannya.

Kita memohon Taufik kepada Allah bagi para pengikut mereka, sambil memohon kepada Allah agar bisa mengikuti jejaknya. []

Sumber: Shaidul Khatir, Cara Manusia Cerdas Menang dalam Hidup, karya Imam Ibnu Al Jauzi, Penerbit Maghfirah Pustaka, Cetakan Juni 2022

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Renungan

Memperbaiki Tobat

Renungan

Jika Engkau Bersabar

Renungan

Kunci Taufik

Renungan

Sekali Lagi, tentang Istidraj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *