JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Yaumul Hisab

Ketika Manusia Saling Meninggalkan

Telah sampai pada kita berita tentang hari kiamat. Terjadinya adalah sebuah kepastian. Namun tentu saja tida ada satupun dari manusia yang mengetahui kapan terjadinya.

Al Qur’an mengabarkan bahwa hari akhir yang serangkai dengan hari kebangkitan adalah hari yang besar. Hari dimana manusia diminta pertanggungjawaban.

وَنَضَعُ الْمَوَازِيْنَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔاۗ وَاِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ اَتَيْنَا بِهَاۗ وَكَفٰى بِنَا حٰسِبِيْنَ

“Dan Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, maka tidak seorang pun dirugikan walau sedikit; sekalipun hanya seberat biji sawi, pasti Kami mendatangkannya (pahala). Dan cukuplah Kami yang membuat perhitungan.” (Al Anbiya: 47)

Saat hari perhitungan ini tiba, keadaannya sangat menakutkan. Tidak ada satupun dan tidak sedikitpun amal yang akan lolos dari perhitungan Allah SWT. Maka manusia pada hari tersebut akan sangat sibuk. Sibuk mencoba menyelamatkan dirinya sendiri.

Bahkan manusia akan lari menghindar ketika bertemu dengan orang-orang yang selama di dunia sangat dicintainya. Hal ini digambarkan dalam firman Allah SWT: “Pada hari ketika manusia lari dari saudaranya, dari ibu dan bapaknya, dari istri dan anak-anaknya. Setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang cukup menyibukkannya.” (QS. ‘Abasa: 34-37)

Ulama tafsir telah menjelaskan, ada dua kemungkinan penyebab manusia lari menghindari orang yang sebelumnya sangat ia cintai. Kemungkinan pertama adalah karena ia tak mampu memberi kebaikan apapun. Kemungkinan kedua adalah, bisa jadi selama di dunia ia banyak melalaikan dalam memenuhi hak orang yang dicintainya.

Wallaahu a’lam bishshawab. []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Yaumul Hisab

Zaqqum, Pohon yang Tumbuh di Neraka

Yaumul Hisab

Jika Tidak Percaya Akhirat

Yaumul Hisab

Shiratal Mustaqim Itu Bukan Jalan Khayalan

Yaumul Hisab

Apakah Surga dan Neraka Diperlihatkan di Alam Kubur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *