JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Renungan

Saling Membalas Kebaikan

Rasulullah ﷺ menganjurkan kita untuk menerima hadiah (dan membalasnya). “Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian saling mencintai.” (HR. Bukhari). Aisyah bercerita, “Rasulullah ﷺ biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya.” (HR. Bukhari).

Yang tidak terpuji itu jika kita meminta-minta (mengemis) untuk ditolong orang lain. Apalagi jika kita sendiri sebenarnya masih mampu.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Wahai Qabishah! Sesungguhnya meminta-minta itu tidak halal, kecuali bagi salah satu dari tiga orang: seseorang yang menanggung hutang orang lain, ia boleh meminta-minta sampai ia melunasinya, kemudian berhenti, seseorang yang ditimpa musibah yang menghabiskan hartanya, ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup, dan seseorang yang ditimpa kesengsaraan hidup sehingga ada tiga orang yang berakal dari kaumnya mengatakan, ‘Si fulan telah ditimpa kesengsaraan hidup,’ ia boleh meminta-minta sampai mendapatkan sandaran hidup. Meminta-minta selain untuk ketiga hal itu, wahai Qabishah! adalah haram, dan orang yang memakannya adalah memakan yang haram.” (Shahih: HR. Muslim, Abu Dawud, Ahmad, an-Nasa-i, dan selainnya).

Jadi selama kita tidak meminta-minta, lalu ada orang lain menolong kita atau memberikan kita hadiah dengan alasan tertentu (misalnya, karena kita sedang ditimpa musibah) atau tanpa alasan tertentu, maka terimalah hadiah tersebut dan jangan gengsi atau jual mahal.

Sebab kita sesungguhnya juga sedang menolong orang tersebut untuk bahagia (dengan cara membiarkan ia menolong kita).

Bukankah hidup akan menjadi lebih indah jika kita saling membahagiakan satu sama lain? Yang menolong bahagia, yang ditolong juga bahagia karena ia membantu orang yang menolongnya untuk bahagia. []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Renungan

Sering Kali Manusia Berangan-angan bahwa Ajalnya Masih Jauh

Renungan

Tidak Perlu Resah Ketika Mereka Bergelimang Harta

Renungan

Pantaskah Engkau Balas Kenikmatan yang Allah Berikan dengan Kemaksiatan?

Renungan

Takut yang Keliru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *