JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Uncategorized

Bersedekah sama dengan Menabur Sebiji Benih Menumbuhkan 7 Tangkai

Seseorang yang bersedekah perumpamaannya adalah seperti menabur sebiji benih, tetapi dapat menumbuhkan sampai tujuh tangkai banyaknya. Hal ini dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 261.

Artinya, bersedekah itu justru bukan membuat kita kekurangan harta. Dengan bersedekah, kita mendapatkan pahala yang berlipatganda dari Allah.

BACA JUGA:  Sedekah yang Paling Besar Pahalanya

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ ٢٦١

Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah: 261)

Akan tetapi, jangan sampai bersedekah membuat kita sombong dan merasa boleh menyebut-nyebut pemberian kita. Hal tersebut justru bisa membuat si penerima sedekah menjadi sakit hati.

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ثُمَّ لَا يُتْبِعُوْنَ مَآ اَنْفَقُوْا مَنًّا وَّلَآ اَذًىۙ لَّهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ ٢٦٢

Orang-orang yang menginfakkan harta mereka di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang mereka infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), bagi mereka pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih. (Q.S. Al-Baqarah: 262)

BACA JUGA:  4 Amalan Pengganti Sedekah

۞ قَوْلٌ مَّعْرُوْفٌ وَّمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِّنْ صَدَقَةٍ يَّتْبَعُهَآ اَذًى ۗ وَاللّٰهُ غَنِيٌّ حَلِيْمٌ ٢٦٣

Perkataan yang baik dan pemberian maaf itu lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Mahakaya lagi Maha Penyantun. (Q.S. Al-Baqarah: 263) []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Uncategorized

5 Rambu dalam Bermedia

Uncategorized

2 Putri Nabi yang Diceraikan 2 Putra Abu Lahab

Uncategorized

2 Syarat Diterimanya Amal

Uncategorized

Hukum Kawat Gigi alias Behel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *