JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Kajian

Dendam

Penyakit yang menjangkiti umat manusia sejak dahulu hingga saat ini adalah dendam. Dendam merupakan penyakit jiwa yang paling sering diderita tanpa disadari oleh manusia. Ditandai dengan perasaan tidak senang atau sakit hati kepada orang lain.

Dalam sebuah hadisnya, Rasulullah mengingatkan, “Kelak akan menimpa umatku penyakit umat umat terdahulu, yaitu penyakit sombong, kufur nikmat, dan lupa daratan dalam memperoleh kenikmatan. Mereka berlomba mengumpulkan harta dan bermegah-megahan dengan harta. Mereka terjerumus dalam jurang kesenangan dunia, saling bermusuhan, dan saling iri, dengki, dan dendam sehingga mereka melakukan kezaliman (melampaui batas),” (HR. Al-Hakim).

Perbedaan yang sering terjadi di antara manusia bisa jadi menimbulkan gesekan yang menyebabkan pertikaian atau konflik. Tidak jarang, bukan hanya luka fisik saja yang dialami, bahkan di antara mereka ada juga yang menyimpan rasa dendam.

Bahkan api dendam tersebut terus menyala hingga pertikaian tersebut usai. Mereka terus berfikir bagaimana cara melampiaskan atau membalas sakit hati yang dirasakan akibat dari pertikaian tersebut. Tidak jarang banyak manusia yang melakukan segala macam cara untuk melampiaskannya.

Sebenarnya, dendam merupakan salah satu sifat yang tidak boleh dilakukan di dalam Islam. Hal tersebut dikarenakan penyakit hati yang satu ini dapat merenggangkan tali silaturahmi. Bahkan orang yang masih menyimpan dendam tidak bisa dibukakan baginya pintu surga kecuali mereka sudah berdamai.

Rasulullah bersabda, “Pintu-pintu surga itu dibuka pada hari Senin dan Kamis, lalu diampunkanlah bagi setiap hamba yang tidak menyekutukan sesuatu dengan Allah, kecuali seseorang yang antara dirinya dan saudaranya itu ada rasa dendam, lalu dikatakanlah, ‘Nantikanlah dulu kedua orang ini sehingga keduanya berdamai kembali. Nantikanlah kedua orang ini sehingga keduanya berdamai kembali’,” (HR. Muslim).

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Kajian

Apakah Kebaikan Anak-anak Juga Dihisab?

Kajian

Hukum Menjual Peralatan Kecantikan

Kajian

4 Makna Kata Fitnah dalam Al-Quran

Kajian

Hukum Masbuk (Makmum yang tertinggal) dalam Shalat (2-Habis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *