JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Yaumul Hisab

Fitnah Dajjal

Setiap muslim tidak diperbolehkan mendatangi Dajjal, walau pun ia percaya pada diri. Sebab, Dajjal memiliki tipu daya yang dapat mengguncangkan iman.

Dalam Sunan Abi Dawud diriwayatkan dengan sanad sahih dari Imran ibn Hushain bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Siapa mendengar ada Dajjal, hendaklah ia menjauhi dirinya. Demi Allah, seorang lelaki mendatanginya dengan rasa percaya diri sebagai seorang mukmin, namun akhirnya ia mengikuti Dajjal, karena tipu daya yang dilakukannya.”

Orang yang tidak mampu melawannya boleh lari. Inilah yang dilakukan oleh kebanyakan orang pada saat itu.

Dalam Shahih Muslim diriwayatkan bahwa Ummu Syarik berkata, “Aku mendengar Nabi ﷺ bersabda, ‘Orang-orang akan lari ke gunung karena (takut) Dajjal’.”

Bila seorang mukmin terpaksa menghadapinya, ia harus melawan dengan kebenaran dan hujjah (argumentasi yang kuat). Dalam hadits disebutkan,

“Bila ia (Dajjal) muncul dan aku bersama kalian, aku akan berdebat dengannya. Bila ia muncul saat aku tidak bersama kalian, seseorang akan berdebat dengannya, dan Allah menjadi penggantiku atas setiap muslim.”

Rasulullah ﷺ memberikan pengetahuan tentang Dajjal. Dajjal memiliki fisik yang kasat mata, makan, minum, sedangkan Allah tidak dapat dilihat di dunia, suci dari makan dan minum.

Dajjal memiliki cacat di matanya. Dalam hadits dinyatakan, “Ia adalah pemuda berambut keriting pendek, matanya menonjol seolah-olah ia mirip dengan Abdul ‘Uzza ibn Quthn.”

Karenanya, klaim orang yang demikian sebagai Tuhan merupakan dusta dan kebohongan. Rasulullah ﷺ memerintahkan orang yang bertemu dengannya agar membaca awal surat al-Kahfi. Sabda Rasul ﷺ, “Siapa yang menemuinya, hendaklah ia membaca surat al-Kahfi.” []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Yaumul Hisab

Pada Hari Kiamat, Berapa Kali Sangkakala Ditiup Malaikat?

Yaumul Hisab

Perbuatan yang Pertama Kali Dihisab

Yaumul Hisab

10 Kenikmatan Surga Adn (2-Habis)

Yaumul Hisab

10 Kenikmatan Surga Adn (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *