JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Baiti Jannati

Idola Anak

DR. Muhammad Nur Abdul Hafidz Suwaid, dalam buku beliau yang berjudul Prophetic Parenting, menuturkan bahwa:

Keterikatan anak kepada Rasulullah ﷺ  membuatnya menjadi manusia yang sempurna. Karena, jalan pikirannya menjadi terbuka untuk mempelajari jalan hidup pemimpin para rasul, pemimpin seluruh ummat, dan kekasih Allah.

Akalnya akan diterangi cahaya keimanan. Dengan memahami sejarah yang mulia ini, dia akan mengangkat kepalanya dengan bangga sebagai pengikut setia Rasulullah ﷺ

Inilah pentingnya mengikat anak dengan tokoh-tokoh teladan, terutama Rasul ﷺ. Karena meneladani berarti mengikuti jejak langkahnya. Meniru segala yang dilakukannya.

Pada usia anak yang masih dini, ia belum memiliki kemampuan membedakan antara khayalan dan kenyataan. Di sinilah peran aktif orangtua sangat dibutuhkan. Peran untuk memberikan pilihan dan menyajikan pada anak sosok yang harus diteladani.

Tahapan ini merupakan tahapan krusial yang akan memberikan pengaruh pada tumbuh kembang anak. Karena prosesnya akan memberikan warna kakuatan karakter yang akan terbawa sampai dewasa kelak.

Maka, bayangkan apa yang akan terjadi. Seandainya justru anak-anak lebih suka dan lebih banyak mengidolakan tokoh-tokoh fiktif?

“Ajarkanlah pada anak-anak kalian tiga perkara: cinta kepada Nabi kalian, cinta kepada keluarga beliau, dan membaca Al-Qur’an.” (HR. ath Thabrani dan Ibnu an Najjar) []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Baiti Jannati

Penyebab Kegagalan Mendidik Anak dan Istri

Baiti Jannati

Nikah, Pembuka Rezeki

Baiti Jannati

Kerusakan Anak karena Ibu Bapaknya

Baiti Jannati

Adab dalam Berumah Tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *