JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Kajian

Iman, Jembatan 2 Orang Sesama Muslim

Iman harusnya menjadi jembatan indah antara dua hati hamba Allah SWT untuk saling bersaudara dalam pelukan kasih sayang. Iman juga harusnya mengubah dua saudara layaknya pakaian yang saling menutupi ketika ada aib dan cela saudaranya ketika terbuka, layaknya pakaian yang menutup celah aurat untuk tidak terlihat.

Ia pun menjadi sebab terindah untuk menjadikan setiap hamba Allah SWT berkasih sayang dalam iman untuk saling menguatkan dan bukan untuk saling melemahkan karena saudara iman selalu mengokohkan, bukan untuk merapuhkan.

Iman pula yang harusnya menjadikan setiap mukmin mengerti tentang kewajiban memberikan akhlaq terbaik kepada saudaranya walaupun terkadang berbeda dalam permasalahan ijitihadiyah.

Iman tak pernah pula menjadikan pemiliknya menjadi sombong dan angkuh menerima sesuatu yang berbeda dari saudaranya sebagaimna para sahabat kadang mereka berbeda tapi mereka tetap saling mengasihi.

Maka, berikanlah akhlaq terbaik yang engkau miliki kepada sesama mukmin. Karena sesungguhnya generasi terbaik umat ini mereka belajar untuk berakhlaq sebelum mereka belajar untuk perkara lainnya. Apabila engkau dibenci karena kebenaran maka itu anugerah. Dan apabila engkau dibenci karena akhlaqmu, maka itu adalah musibah.

Betapa mulia kehidupan akhlaq bagi setiap mukmin, dengannya dia akan belajar menghargai sesama mukmin lainnya, sehingga bersama menuju kepada Allah SWT dengan saling menguatkan dan tidak saling merasa angkuh untuk menerima kebenaran serta bersikap menghargai segala perbedaaan apabila dia mengerti bahwa masalah yang ada memang bersumber kepada dalil-dalil yang ada. []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Kajian

11 Syarat Terkabulnya Doa (2-Habis)

Kajian

11 Syarat Terkabulnya Doa (1)

Kajian

Maksud dari 'Yang Paling Baik Membayar Utang'

Kajian

6 Adab Sebelum Keluar Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *