JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Ibadah

Ingin Selalu Diingat Allah? Lakukan 4 Hal Ini agar Allah Mengingatmu

Dalam Al Qur’an, Allah berfirman agar selalu mengingatNya.

Dalam surat Al Baqarah ayat 152, Allah berfirman: “Ingatlah Aku, maka Aku akan mengingatmu.”

Dari ayat tersebut, kita bisa memahami bahwa orang yang senantiasa mengingat Allah akan selalu diingat olehNya.

Berkah dari Mengingat Allah

Diingat oleh Allah adalah sebuah rahmat dan keuntungan yang besar. Bayangkan jika manusia yang mengingat kita, mereka bisa memberikan kebaikan-kebaikan yang membuat kita bahagia. Maka bagaimana jika yang mengingat kita adalah Pemilik Alam Semesta? Pastinya akan banyak kebaikan yang kita terima di dunia dan akhirat.

BACA JUGA:  Ketika Allah Memberi Cobaan, Ingatlah Bahwa Allah Juga Memberi Solusinya

Jika Allah Mengingatmu

Diingat Allah artinya Allah akan selalu membantu dalam setiap urusan kita. Ketika kita merasakan kesulitan, maka Allah akan mengingat kita dengan memberikan pertolonganNya.

Saat kita menghadapi persoalan, Allah menolong kita dengan memberikan ketenangan dalam hati untuk menghadapinya. Karena itulah ketika orang-orang yang senantiasa mengingat Allah diberi masalah atau persoalan, maka masalah tersebut akan diringankan oleh Allah, bahkan sebelum persoalan tersebut menimpanya.

Dilapangkan Hatinya

Allah akan memberikan kelapangan pada hatinya. Hati yang lapang adalah berkah yang tidak ternilai dari Allah ﷻ. Masalah sebesar apapun tidak akan membuat kita merasa putus asa dan menyerah. Kita jadi lebih mudah menghadapi dan menjalani masalah yang sedang menimpa kita.

Mengingat Allah dengan Berdzikir

Mengingat Allah berarti melakukan dzikir kepadaNya. Bentuk dzikir yang bisa kita lakukan untuk mengingat Allah, yaitu:

1. Shalat

Shalat adalah dzikir yang utama. Di dalam sholat, kita mengucapkan lafadz lafadz yang mengingatkan kita kepada Allah. Lafadz yang kita baca yaitu doa, pujian kepada Allah, dan bacaan Al Quran. Karena merupakan bentuk dzikir yang lengkap, lakukan shalat dengan khusyuk agar kamu senantiasa mengingat Allah.

2. Membaca Al Qur’an

Al Qur’an adalah kalam Allah. Di dalamnya berisi petunjuk yang diturunkan oleh Nya. Petunjuk-petunjuk tersebut Allah berikan kepada manusia agar bahagia di dunia dan akhirat. Saat kita membaca ayat Al Qur’an, sesungguhnya kita sedang berkomunikasi dengan Allah.

3. Menyebutkan Lafadz-Lafadz Pujian kepada Allah

Pujilah kebesaran Allah untuk mengingatNya. Dengan menyebutkan lafadz-lafadz pujian kepada Allah, kita akan merasa lebih tenang. Dalam hati kita akan timbul keyakinan bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha terpuji yang dapat membantu kita menjalani segala persoalan.

BACA JUGA: Ketika Allah Memberi Cobaan, Ingatlah Bahwa Allah Juga Memberi Solusinya

4. Mengucapkan Doa

Salah satu cara berkomunikasi dengan Allah adalah dengan berdoa. Saat kita berdoa, artinya kita sedang mengingat Allah. Doa yang kita panjatkan menjadi bukti bahwa kita senantiasa mengingatnya, walaupun kita tidak sedang dalam kondisi sholat. Berdoalah kepada Allah kapanpun dan di manapun. Untuk urusan yang kecil, atau besar. Rasulullah sendiri berpesan agar kita berdoa walaupun hanya meminta garam kepada Allah. Semakin banyak doa yang kita panjatkan, maka hubungan kita akan semakin dekat dengan Allah. []

SUMBER: UMROH.COM

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Ibadah

Cara Sujud yang Dicontohkan Rasulullah

Ibadah

Hukum Membaca Quran tanpa Berwudhu

Ibadah

Terlewat Shalat karena Tidur dan Lupa

Ibadah

Shalat Berjamaah, Menjaga Kita dari Neraka dan Sifat Munafik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *