JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Kajian

Kenapa Tak Mau Sedekah?

Banyak di antara manusia yang telah kaya raya dan enggan untuk menafkahkannya dengan alasan takut miskin. Inilah pula yang Allah firmankan dalam Al-Quran,

“Apakah kamu takut akan (menjadi miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum (Melakukan) pembicaraan dengan Rasul? Tetapi jika kamu tidak melakukannya dan Allah telah memberi ampun kepadamu, maka laksanakanlah shalat, dan tunaikanlah zakat serta taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya! Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujaadilah 58:13)

Pada umumnya, mereka yang enggan bersedekah dikarenakan takut jika hartanya habis. Padahal itu adalah tipuan setan semata. Setan membuatnya merasa was-was jika hartanya diberikan di jalan Allah maka ia akan miskin.

Padahal kita sama-sama tahu bahwa Allah akan membalas harta yang kita keluarkan di jalan-Nya dengan berlipat ganda. Tapi banyak di antara kita yang tidak mau melaksanakannya. Hanya sedikit orang-orang yang mau menafkahkan hartanya di jalan Allah.

Padahal, andai manusia tahu bahwa orang-orang yang berada di dalam kubur kini sedang berteriak ingin kembali ke dunia untuk menafkahkan hartanya di jalan Allah.

“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian) ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” (QS Al Munafiqun ayat 10).

Maka, manakah yang akan kita pilih? Menyesal ketika sudah di alam kubur atau menyedekahkan harta di jalan Allah? []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Kajian

Apakah Kebaikan Anak-anak Juga Dihisab?

Kajian

Hukum Menjual Peralatan Kecantikan

Kajian

4 Makna Kata Fitnah dalam Al-Quran

Kajian

Hukum Masbuk (Makmum yang tertinggal) dalam Shalat (2-Habis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *