JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Kajian

Mendengarkan Ghibah

Ghibah

Telah dijelaskan dalam suatu ayat bahwa janganlah dengan mudah seseorang mengikuti suatu hal yang buruk, karena segala sesuatu itu pasti dipertanggungjawabkan nantinya, sekecil apapun itu perbuatan.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman: “Dan janganlah kalian mengikuti apa yang kalian tidak mengetahuinya, sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati itu semua akan ditanyai (dimintai pertanggungjawaban)” (QS. Al-Isra’: 36)

Dalam ayat lain juga disebutkan tentang larangan ghibah. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, jauilah kebanyakan prasangaka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang. Jangan pula menggunjing satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentula kamu merasa jijik kepadanya.” Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat: 12)

Dalam suatu ayat lain juga dijelaskan bahwasanya: “Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna”. (QS. Al-Mu’minun :3)

Dalam hadits juga dijelaskan yaitu dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Siapa yang mempertahankan kehormatan saudaranya yang akan dicemarkan orang, maka Allah akan menolak api neraka dari mukanya pada hari kiamat.” (Riwayat At-Tirmidzi 1931 dan Ahmad 6/450, berkata Syaikh Salim Al-Hilali “Shohih atau hasan”.

“Dan hendaklah diantara kamu segolongan umat manusia yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran: 104)

Dengan demikian, meskipun hanya mendengarkan ghibah maka perbuatan dilarang tetaplah dilarang dan berdosa. Setiap perbuatan pasti terdapat tanggung jawab yang dibebankan. Dan sungguh sekecil apapun kebaikan atau keburukan, maka Allah akan memperhitungkannya. []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Kajian

Apakah Kebaikan Anak-anak Juga Dihisab?

Kajian

Hukum Menjual Peralatan Kecantikan

Kajian

4 Makna Kata Fitnah dalam Al-Quran

Kajian

Hukum Masbuk (Makmum yang tertinggal) dalam Shalat (2-Habis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *