JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Yaumul Hisab

Renungan Kematian

Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Itu hanya salah satu stasiun dalam perjalanan panjang umat manusia. Kita dapat melihatnya untuk mencapai lebih kehidupan yang lebih baik di dunia ini dan menerima hasil yang baik di akhirat kelak.

Bagaimana caranya?

Berikut ini beberapa renungan bagi kita agar mampu memandang kematian:

1. Sudah cukup untuk menganggapnya sebagai perjalanan ke suatu tempat tanpa penindasan atau ketidakadilan. Pada Hari Pengadilan, akan dikatakan: ” Hari ini, setiap jiwa akan dibalas sesuai dengan apa yang telah diperolehnya. Tidak ada ketidakadilan hari ini. ” (QS 40:17)

2. Ini adalah reuni dengan orang yang kita cintai yang telah meninggal dunia. Tepat sebelum dia meninggal, Muadh ibn Jabal berkata: “Besok, saya akan bertemu dengan orang-orang yang saya cintai, Muhammad dan para sahabatnya.”

3. Ini adalah pembebasan dari penjara keberadaan materi. Nabi berkata: “Dunia adalah penjara orang beriman.” (Shahih Muslim)

4. Ini adalah rahmat bagi mereka yang hidupnya tegang karena melemahkan penyakit, kekurangan atau ketidakmampuan atau ketika pikiran seseorang memburuk sedemikian rupa sehingga mereka tidak dapat lagi berinteraksi dengan orang yang mereka cintai.

5. Kematian mirip dengan tidur. Keduanya adalah perubahan kondisi keberadaan kita. Yang satu adalah perpindahan permanen ke kehidupan lain, dan yang lain memberi pertanda.

6. Mengetahui bahwa kita akan mati suatu hari membantu kita mempertahankan nilai-nilai kita ketika menghadapi kesengsaraan hidup, dan membuatnya mudah bagi kita untuk membuat keputusan yang tepat ketika kita dihadapkan dengan pilihan-pilihan yang tidak etis tetapi menarik.

Kematian bukan ada untuk ditakuti, melainkan untuk jadi pengingat bahwa manusia pasti kembali pada Sang Pencipta. Dan, kehidupan ini butuh untuk dipertanggungjawabkan, maka dengan mengingat kematian seharusnya manusia lebih bersemangat untuk beramal sebagai bekal menuju akhirat kelak. []

SUMBER: ISLAM RELIGION

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Yaumul Hisab

Perbuatan yang Pertama Kali Dihisab

Yaumul Hisab

10 Kenikmatan Surga Adn (2-Habis)

Yaumul Hisab

10 Kenikmatan Surga Adn (1)

Yaumul Hisab

Masuk Surga karena Tangguhkan Utang Orang Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *