JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Sirah

Sambutan Penduduk Madinah

Kedatangan Rasulullah ﷺ di Madinah terjadi pada hari Jumat tanggal 12 rabiul awwal tahun 622 M. Kedatangan Rasulullah saat itu disambut dengan ramai dan gembira oleh para penduduk Madinah.

Salah seorang sahabat Rasulullah ﷺ, AlBara bin Aazib bahkan berkata:

“Orang yang pertama datang kepada kami (dari kaum Muhajirin) adalah Mush’ab bin Umair dan Ibnu Ummi Maktum. Keduanya membacakan Alquran kepada orang-orang. … . Kemudian, datang Nabi ﷺ setelahnya. Aku tidak pernah melihat penduduk Madinah bergembira sebagaimana gembiranya mereka dengan kedatangan Rasulullah ﷺ hingga para budak wanita pun berseru, “Rasulullah ﷺ telah datang!” (HR Bukhari).

Madinah adalah tujuan Nabi ketika melakukan Hijrah dari Mekkah, dan secara berangsur-angsur berubah menjadi ibu kota kaum Muslimin, dengan pemimpin pertama langusung oleh Nabi. Setelah Nabi, kemudian dilanjutkan oleh Khulafaur Rasyidin, Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali. Kota ini menjadi pusat kekuatan Islam dalam abad-abad komunitas Muslim mulai berkembang.

Madinah adalah tempat bagi tiga masjid tertua yang pernah dibangun, yaitu Masjid Quba, Masjid Nabawi,[1] dan Masjid Qiblatain (“masjid dua kiblat”). Umat Muslim percaya bahwa penyelesaian dari serangkaian penurunan surah Al-Quran diterima Nabi Muhammad di Madinah, yang dikenal sebagai surah Madaniyah yang tampak perbedaannya dengan surah Makkiyyah. []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Sirah

Kecintaan Tsauban

Sirah

Abu Bakar: "Bagaimanakah Keadaan Rasulullah ﷺ?"

Sirah

Cinta Nabi pada Khadijah

Sirah

Khadijah Menenangkan Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *