JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Muslimah

Wanita Shalihah, Sebaik-Baik Perhiasan Dunia

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Dari Abdullah bin Amr Radhiyallahu ‘anhu mengatakan, “Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.’”. [H.R. Muslim].

Allah telah memberikan tabiat kepada manusia untuk mencintai dan menyukai semua perkara dunia yang menyenangkan dirinya. Setiap manusia merasa senang tatkala mendapatkan perhiasan-perhiasan dunia. Tentu saja kesenangan ini dihalalkan selama tidak menyebabkan pelanggaran syariat. Tentang kecintaan manusia terhadap perhiasan dunia ini, telah Allah Subhanahu wa ta’ala sebutkan dalam ayat-Nya yang mulia,

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” [Q.S. Ali Imran:14].

BACA JUGA:  Wanita yang Berpakaian tapi Telanjang

Semua yang disebutkan ini adalah perkara yang disukai oleh manusia. Tentu masih banyak macam ragam perkara yang disukai, tetapi pada hakekatnya semua kesenangan dunia kembali kepada perkara yang disebutkan ini.

Oleh sebab itu dalam hadits yang tersebut di atas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa dunia adalah perhiasan bagi manusia. Dunia ibarat sesuatu yang manis lagi hijau yang menyejukkan mata siapapun yang memandangnya dan menyenangkan jiwa siapapun yang mendapatkannya.

Walau semua yang ada di dunia adalah perhiasan bagi penduduknya, tetapi yang terbaik dari semua itu adalah wanita shalihah. Emas yang begitu banyak berkilauan di tangan, binatang ternak yang gemuk lagi pilihan, ataupun sawah ladang luas menghijau yang menyegarkan pandangan, semua itu tidak bisa mengalahkan kebaikan seorang wanita yang shalihah. Bagaimana tidak, dalam setiap bagian kehidupan, seorang wanita shalihah akan memberikan yang terbaik.

Tatkala seorang wanita shalihah berperan menjadi seorang ibu, maka ia adalah ibu yang terbaik bagi putra-putrinya. Ibu yang mengasuh mereka dengan segala perhatian dan menuntun anak-anaknya untuk menjadi orang yang shalih.

Tatkala ia berperan menjadi seorang istri, maka ia adalah istri yang terbaik. Tentu kebaikan ini bukan hanya dilihat dari sisi fisik yang cantik saja, karena fisik adalah anugerah Allah, bukan merupakan satu-satunya standar kebaikan seseorang.

BACA JUGA: 5 Syarat Pakaian Muslimah yang Syar’i

Tetapi ia adalah istri yang mengerti hak-hak suami dan berusaha untuk menunaikan semua hak tersebut. Mengenai keadaan istri shalihah ini, Allah berfirman,

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

“Maka wanita-wanita yang shalihah ialah mereka yang taat (kepada Allah), dan menjaga diri ketika (suami) tidak ada, karena Allah telah menjaga mereka.”. [Q.S. An Nisa:34].

Oleh sebab itulah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mewanti-wanti kepada umatnya untuk berhati-hati dari wanita. Disebutkan dari sahabat Usamah bin Zaid Rhadiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidaklah aku tinggalkan setelahku cobaan yang lebih berbahaya bagi para lelaki dari pada cobaan wanita.” [H.R. Muslim, At Tirmidzi, dan An Nasa’i]. Allahu a’lam. []

Sumber:  Tashfiyah | Ustadz Hammam].

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Muslimah

Hukum Mengecat Kuku

Muslimah

10 Perkara yang Tak Boleh Dilakukan oleh Wanita Haid

Muslimah

Nama dan Kisah Wanita dalam Al-Quran

Muslimah

Kewajiban Wanita Shalihah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *