JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Baiti Jannati

Adab Sebagai Pemberian Terbaik Orangtua pada Anaknya

Allah Ta’ala berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS.At Tahrim: 6)

Ali radiyallahu ‘anhu , dalam menafsirkan ayat ini mengatakan, “Didiklah dirimu dan keluargamu dengan adab dan ajarkanlah ilmu yang bermanfa’at.”

Pendapat ini juga dipertegas oleh Ibnu Abbas. Bahwa menjaga diri dan keluarga dari api neraka adalah dengan mendidik diri dan keluarga dengan adab dan ahlak mulia juga mengajarkan pada keluarga ilmu yang berguna.

Begitu pentingnya kedudukan adab sampai Imam Syafi’i mengatakan bahwa dalam mencari adab diibaratkan seperti ibu yang mencari anak satu-satunya.

Mengapa adab ini sangat penting? Bahkan adab harus diajarkan, dibiasakan, dan diterapkan sebelum belajar ilmu. Karena adab ini menjadi pembuka kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari.

Dengan adab dan ilmu inilah lahir akhlak mulia. Saling menjaga antara anggota keluarga dari hal-hal yang Allah tidak ridhai. Bertindak berdasarkan ilmu, bukan mengikuti hawa nafsu.

Semua kebaikan itu, yang lahir dari adab dan ilmu yang benar, yang harus menjadi warisan dari orangtua untuk anak keturunannya. Sehingga dari satu generasi ke generasi lainnya senantiasa saling menjaga.

Rasul ﷺ  bersabda, “Tidak ada pemberian orangtua pada anaknya yang lebih utama dibandingkan dengan adab yang baik.” (HR. Ahmad dan Al Hakim) []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Baiti Jannati

Istrimu Adalah Rizkimu

Baiti Jannati

Ayah, Anak-anak Membutuhkanmu!

Baiti Jannati

Usia Berapa Anak Mulai Diperintahkan Shalat?

Baiti Jannati

Kenapa Perceraian Sangat Dibenci dalam Islam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *