JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Ibrah

Amalan yang Menolong di Akhirat: Ilmu yang Bermanfaat

Di dalam As-Shahih diriwayatkan dari Abu Huraiarah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Apabila seorang anak Adam meninggal, maka akan terputus amalnya kecuali tiga perkara; Shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh,” (HR. Muslim).

Amalan ini bisa dilakukan dengan cara seseorang mengajarkan ilmu kepada manusia perkara-perkara agama mereka. Ini khusus bagi para ulama yang menyebarkan ilmu dengan cara mengajar, mengarang dan menuliskannya.

Orang yang awam juga bisa melakukannya dengan cara ikut serta di dalamnya berupa mencetak kitab-kitab yang bermanfaat atau membelinya lalu menyebarkannya atau mewakafkannya. Juga membeli mushaf lalu membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan atau meletakkannya di masjid-masjid.

Hal ini menganjurkan kita untuk mempelajari ilmu dan mengerjakannya, menyiarkannya dan menyebarluaskan kitab-kitab agar bisa mengambil manfaat sebelum dan sesudah kematian dia. Manfaat ilmu akan tetap ada selama di permukaan bumi ini masih ada seorang muslim yang sampai kepadanya ilmu tersebut.

Beberapa banyak ulama yang meninggal semenjak ratusan tahun yang lalu tetapi ilmunya masih ada dan dimanfaatkan melalui kitab-kitab yang telah dikarangnya lalu dipakai dari generasi ke genarasi sesudahnya dengan perantara para muridnya kemudian para pencari ilmu setelah mereka.

Dan setiap kali muslimin menyebutkan nama dia, mereka selalu mendoakan kebaikan dan mendoakan agar Allah SWT merahmati dia. Ini adalah fadilah dari Allah SWT yang diberikan kepada siapa saja yang dikehendaki. Berapa banyak generasi yang diselamatkan Allah SWT dari kesesatan dengan jasa orang alim, maka alim itu mendapatkan seperti pahala orang yang mengikutinya sampai hari kiamat.

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Ibrah

Ibadahnya Para Ulama (2-Habis)

Ibrah

Ibadahnya Para Ulama (1)

Ibrah

Kisah Seorang Penggali Kubur (2-Habis)

Ibrah

Kisah Seorang Penggali Kubur (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *