JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Kajian

Anjuran Berlindung Ketika membaca Ayat Siksaan (1-Habis)

Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah ditanya,”Apa hukum orang yang mengatakan ‘amiin’ atau saya berlindung kepada Allah dari neraka atau subhanallah (Maha suci Allah) sementara Imam membaca dalam shalat jahriyah (Dibaca secara nyaring) hal itu ketika makmum mendengan ayat yang mengharuskan dia berlindung atau bertasbih atau mengaminkan?

Maka beliau menjawab, ”Kalau ayat-ayat yang mengharuskan bertasbih atau memohon perlindungan atau permintaan, kalau seseorang membacanya dalam shalat malam, maka disunnahkan baginya untuk melakukan apa yang layak, kalau melewati ayat ancaman berlindung (kepada Allah), kalau melewati ayat rahmat, memohon (rahmat kepada Allah).

BACA JUGA: Rasul Berlindung dari 5 Perkara Ini

Sementara kalau dia mendengarkan Imam, maka yang lebih utama adalah jangan sibuk dengan yang lainnya kecuali diam dan mendengarkan secara seksama. Ya kalau sekiranya Imam berhenti ketika di akhir ayat dan itu termasuk ayat rahmat, maka makmum dapat memohon (rahmat). Atau ayat ancaman maka dia berlindung darinya, atau ayat peng-agungan, maka dia bertasbih.

Maka hal ini tidak mengapa. Sementara kalau dia melakukan hal itu dan imam melanjutkan bacaannya, saya khawatir dia sibuk dengan hal ini dibandingkan dengan mendengarkan bacaan Imam. Sementara Nabi sallallahu’alaihi wa sallam ketika mendengarkan para shahabatnya membaca di belakangnya dalam shalat bacaan keras (jahriyah) beliau bersabda:

لا تفعلوا إلا بأم القرآن فإنه لا صلاة لمن لم يقرأ بها

“Jangan kamu lakukan kecuali Ummul Qur’an (Al-Fatihah), karena tidak sah shalat seseorang bagi orang yang tidak membaca dengannya.” Selesai dari ‘Fatawa Nurun ‘Alad Darbi.

BACA JUGA:   Anjuran untuk Shalat Istikharah

Akan tetapi ada dari sebagian ahli ilmu yang menganjurkan hal itu dalam shalat sunah. Karena itu yang ada dari Nabi sallallahu’alaihi wa sallam. Kalau dilakukan dalam shalat wajib diperbolehkan meskipun hal itu bukan sunah. Diantara mereka ada yang mengatakan,”Melakukan hal itu dalam shalat wajib dan sunnah. Silahkan melihat jawaban soal no. 85481 .

Wallahua’lam. []

HABIS | SUMBER: ISLAMQA

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Kajian

Jika Bermimpi Buruk

Kajian

Apakah Pikiran Kotor Termasuk Dosa?

Kajian

6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki (3-Habis)

Kajian

6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki (2-Habis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *