JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Baiti Jannati

Bermain Bersama Anak

Anak-anak sangat lekat dengan kegembiraan. Kegembiraan memang sangat penting untuk tumbuh kembang seorang anak. Anak yang gembira, hati dan pikirannya akan lebih terbuka. Saat itulah ia lebih siap dalam menerima arahan.

Salah satu yang menimbulkan kegembiraan pada anak adalah bermain. Dan bermain yang sangat dibutuhkananak adalah bersama orangtuanya. Rasa gembira yang ditumbhkan saat bermain bersama orangtua, akan berlipat lebih banyak.

Maka sudah menjadi kewajiban orangtua untuk senantiasa menyediakan waktunya dan menghadirkan dirinya untuk bermain bersama anak.

Diriwayatkan dari Abu hurairah, ia berkata, “Rasulullah ﷺ pernah menjulurkan lidah beliau kepada Hasan bin Ali, sehingga anak ini melihat warna merah lidah beliau, dan kemudian Hasan menjulurkan tangan hendak mengambilnya.” (Ibnu Hibban)

Dalam riwayat lain, Ummu Khalid binti Khalid bin Sa’id berkata, “Aku pernah datang menghadap Rasul  ﷺ  bersama ayahku. Waktu itu aku mengenakan gamis berwarna kuning. Rasulullah ﷺ kemudinan bersabda, ‘sanah, sanah!’ Abdullah mengatakan, ‘Ini adalah bahasa Habasyah yang berarti hasanah  (baik, bagus)’.

Ummu Khalid melanjutkanceritanya, “Lalu aku hendak bermain dengan Sang Penutup Nabi ini, Namun ayahku mencegahku. Rasulullah  ﷺ  bersabda, ‘Biarkan saja!’ Nabi bersabda, ‘ayo kemari, ayo terus! Ayo kemari, ayo terus!!'” (HR. Bukhari)

Jangan sepelekan masa bermain bersama anak. Jangan jadikan alasan kesibukan menjadi penghalang.

Karena, Nabi ﷺ pun melakukannya. []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Baiti Jannati

Penyebab Kegagalan Mendidik Anak dan Istri

Baiti Jannati

Nikah, Pembuka Rezeki

Baiti Jannati

Kerusakan Anak karena Ibu Bapaknya

Baiti Jannati

Adab dalam Berumah Tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *