JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Renungan

Hati yang Berkarat

Rasulullah bersabda, ”Bila seorang mukmin berbuat dosa, maka akan timbul dalam hatinya karat hitam. Bila dia bertaubat, maka karat tersebut akan hilang. Sedang bila bertambah dosanya (tidak bertaubat), maka karat hitam itu akan bertambah dan menyebar hingga menutupi hatinya dan itulah ”Raan” (penutup) yang dijelaskan dalam ayat ini.” (H.R. Tirmidzi, Ahmad, dan Ibn Majah).

Pada hadis ini Rasulullah saw. memberi penjelasan bahwa yang dimaksud dengan ayat ”sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka” adalah kemaksiatan atau dosa yang dilakukan hamba, sehingga dosa tersebut menutupi hatinya dan akhirnya cahaya Ilahi tidak pernah sampai pada hatinya.

Bisa ditegaskan, semua perbuatan dosa atau maksiat pada awalnya akan dirasakan sebagai dosa. Namun kalau diulang-ulangi, maka akan menjadi terbiasa dan pada akhirnya kita tidak akan merasa bersalah lagi. Ini isyarat bahwa karat maksiat itu sudah menyebar dan menutupi hati. Maka satu-satunya cara agar terhindar dari penyakit ini adalah selalu bertaubat dan memperbaiki diri.

”Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang serius). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai…” (Q.S. At-Tahrim 66:8) []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Renungan

Tiga Rukun Syukur kepada Allah

Renungan

Bolehkah Kita Menikmati Dunia?

Renungan

Takut Miskin

Renungan

Ambilan Pelajaran dari Perjalanan Hidup Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *