JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Renungan

Kelezatan Maksiat dan Kenikmatan Beribadah

Godaan dunia sangatlah beragam. Ada yang muncul dari dalam diri manusia. Baginya, urusan akhirat adalah sesuatu yang berada di luar tabiatnya. Begitu pula akhirat merupakan hal yang ghaib.

Perumpamaan tabiat keseluruhan manusia pada dunia laksana air yang terus mengalir; mencari daerah di jalan yang lebih rendah. Perlu energi dan tenaga untuk mengangkatnya ke atas. Oleh karenanya syariat menguatkan dengan kabar gembira dan ancaman yang bisa mempertajam akal.

Daya tarik tabiat manusia sungguh sangat beragam. Bukanlah hal yang aneh Jika ia seringkali menang dalam pertarungan, justru aneh bin ajaib jika ia terkalahkan?

BACA JUGA: Dampak Maksiat bagi Pelakunya

Mencermati dampak segala sesuatu, siapa yang melihat dengan mata hati akhir suatu perkara di awal langkahnya, kelak akan beroleh hasil yang sangat baik, akan selamat dari akibat buruknya.

Namun siapa yang tidak waspada dan hanya menuruti perasaannya, ia akan menderita akibat perbuatannya, tak akan mencapai kebahagiaan dan tak akan pernah tentram dalam menjalankan kehidupan.

Kejadian yang menimpa seseorang di masa depan merupakan proses masa lalunya. Anda tidak akan pernah terlepas dari dua perkara: berbuat maksiat kepada Allah atau berlaku taat kepada-Nya.

Di manakah kemudian kelezatan maksiat Anda? Di manakah pula jenis payah taat Anda? Tak mungkin semua itu berlalu begitu saja. Tak juga dosa-dosa ketika selesai dikerjakan hilang tanpa bekas.

BACA JUGA:  Istighfar dan Ketaatan

Bayangkanlah saat kematian. Renungkanlah dalam-dalam getirnya penyesalan. Maka tanyakanlah: “Kemanakah semua kelezatan?” oleh karena manisnya kelezatan telah berubah menjadi kegetiran.

Yang tersisa nanti adalah kepada kepahitan asa yang tiada terkira. Anda melihat akibat dari apa yang Anda kerjakan. Yang waspada akan selamat, maka janganlah Anda terseret nafsu yang akan membuahkan penyesalan. []

Sumber: Saidul Khatir, Cara Manusia Cerdas Menang dalam Hidup, karya Imam Ibnu Al Jauzi, Penerbit Maghfirah Pustaka, Cetakan Juni 2022

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Renungan

Memperbaiki Tobat

Renungan

Jika Engkau Bersabar

Renungan

Kunci Taufik

Renungan

Sekali Lagi, tentang Istidraj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *