JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Yaumul Hisab

Orang yang Kebingungan

Alam kubur merupakan alam kebangkitan setelah kita mengalami kematian. Dan, orang yang telah mempersiapkan amal baik sewaktu hidup di dunia, sungguh ia tidak akan pernah kebingungan dengan peristiwa kebangkitan itu. Lalu, bagaimana dengan diri kita? Apabila pada masa hidup kita membangun tahajud dan berbuat baik, maka Allah akan memberikan penerangan di alam kubur.

Jika amalan telah kita persiapkan dengan baik ketika di dunia, ketika bangkit nanti kita tidak seperti orang linglung yang sedang mengalami kebingungan atas keadaan itu. Bahkan, Allah menggambarkan bagi orang-orang yang amalnya sedikit ketika di dunia:

“Mereka berkata, ‘Aduhai, celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat- tidur kami (kubur)?’ inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah rasul-rasul-Nya.” (QS. Yaasiin [36] : 52)

Orang-orang yang mengalami kebingungan pada hari kebangkitan adalah mereka yang sewaktu masih hidup tidak percaya bahwa alam kubur atau hari kebangkitan itu ada.

Mereka mengira bahwa setelah kehidupan di dunia itu tak ada kehidupan lagi. Mereka mengira bahwa setelah kehidupan di dunia tidak ada pertanggungjawaban.

Semoga kita tidak termasuk ke dalam orang-orang yang kebingungan ketika hari kebangkitan nanti. Semoga Allah perkenankan kita menatap wajah-Nya dan Rasul-Nya. []

Referensi: Selamatkan Dirimu dari Siksa Kubur/Karya: H.M Amrin Ra’uf/Penerbit: Diva Press

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Yaumul Hisab

Gambaran Kenikmatan Surga

Yaumul Hisab

Hari Kebangkitan (2-Habis)

Yaumul Hisab

Hari Kebangkitan (1)

Yaumul Hisab

Penyesalan Para Penduduk Surga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *