JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Renungan

Jika Diri Merasa Suci …

Allah ta’ala berfirman, “Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dia-lah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa.” (QS. An Najm:32)

Mengenai ayat ini, Syaikh Abdurrahman As-Si’di menerangkan bahwa terlarangnya orang-orang beriman untuk mengabarkan kepada orang-orang akan dirinya yang merasa suci dengan bentuk suka memuji-memuji dirinya sendiri.

Kebiasaan merasa diri suci merupakan perbuatan yahudi dan nasrani yang jelas-jelas dicela oleh Allah ta’ala, “Dan mereka berkata, ‘kami sekali-kali tidak akan disentuh api neraka kecuali selama beberapa hari saja.” (QS. Al Baqarah: 80).

Bahkan, saking merasa sucinya, mereka merasa bahwa hanya merekalah yang paling layak masuk surga.

“Dan mereka berkata,’Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang Yahudi dan Nasrani.” (QS. Al Baqarah: 111).

Sehingga Allah ta’ala cela kebiasaan mereka ini, “Apakah kami tidak memperhatikan orang yang menganggap dirinya bersih. Sebenarnya Allah mensucikan siapa yang dikehendaki-Nya dan mereka tidak dianiaya sedikit pun.” (QS. An-Nisa: 49).

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Janganlah kalian merasa diri kalian suci, Allah lebih tahu akan orang-orang yang berbuat baik diantara kalian.” (HR. Muslim).

Rasulullah dan para Salaf pun tidak menganggap diri suci. Adakah keraguan pada diri kita, bahwa Rasulullah SAW adalah manusia yang paling sempurna keimanannya? Sekali-kali tidak. Kita amat meyakini kesempurnaan iman beliau.

Akan tetapi, kesempurnaan iman beliau tidak membuat beliau merasa dirinya suci dan bosan dalam beribadah. Meski telah dijamin surga, akan tetapi beliau tetap shalat malam hingga bengkak kakinya. Lalu bagaimana dengan kita? Masih layakkah menganggap diri kita suci? []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Renungan

Kelezatan Maksiat dan Kenikmatan Beribadah

Renungan

Sabar, Datangnya dari Allah

Renungan

Tersenyumlah, Hatimu akan Ikut Tersenyum

Renungan

Jiwa yang Mutmainah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *