JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Sirah

Perhatian Umar bin Khattab terhadap Rakyat

Pada tahun 18 H, Daerah Hijaz (Makkah dan Madinah serta daerah sekitarnya) benar-benar kering kerontang. Para penduduk kampung banyak yang mengungsi ke Madinah dan mereka tidak lagi memiliki sedikitpun bahan makanan, mereka segera melaporkan nasib mereka kepada Amirul Mukminin Umar.

Umar segera membagi-bagikan makanan dan uang dari Baitul mal hingga gudang makanan dan Baitul mal kosong total. Beliau memaksakan dirinya untuk tidak makan lemak susu maupun makanan yang dapat menggemukkan hingga musim paceklik ini berlalu.

Jika pada waktu sebelumnya selalu dihidangkan roti dan lemak susu, maka pada waktu ini beliau hanya makan minyak dan cuka, beliau hanya mengisap-isap minyak, dan tidak pernah kenyang dengan makanan tersebut. Hingga warna kulit Umar berubah menjadi hitam dan tubuhnya berubah kurus hingga dikhawatirkan kelak akan jatuh sakit dan lemah.

Keadaan paceklik ini berlangsung selama 9 bulan. Setelah itu keadaan berubah kembali menjadi normal sebagaimana biasanya. Akhirnya masing-masing para pengungsi yang kelaparan dari tiap-tiap perkampungan kembali ke rumah-rumahnya di desa.

Umar mengirim surat kepada Abu Musa di Bashrah yang isinya, ‘’Bantu umat Muhammad! Mereka hampir binasa.’’ Setelah itu ia juga mengirim surat yang smaa kepada Amr bin Al-Ash di mesir.

Kedua gubernur ini mengirimkan bantuan dalam jumlah besar ke Madinah yang terdiri dari makanan dan bahan makanan pokok berupa gandum. Bantuan Amr dibawa melalui laut hingga sampai ke Jeddah kemudian dari sana baru dibawa ke Makkah lalu ke Madinah. []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Sirah

Kisah Hidup Ibnu Umar

Sirah

Kisah Meninggalnya Abu Thalib

Sirah

Zuhudnya Umar bin Khattab

Sirah

Dialog Rasulullah ﷺ dan Abu Bakar Sebelum Fathu Makkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *