JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Yaumul Hisab

Zaqqum, Pohon yang Tumbuh di Neraka

Neraka dipenuhi dengan segala hal yang menyiksa dan menyakitkan bagi para penghuninya. Tak terkecuali makanan yang akan menjadi sumber makanan penghuni neraka yang sangat mengerikan. Ya, neraka juga ditumbuhi pohon yang menjadi sumber makanan para penghuninya kelak. Tentu saja buah dari pohon di neraka ini memiliki rasa sangat menyiksa.

Alquran dalam beberapa ayatnya menyinggung tentang keberadaan pohon di neraka yang bernama zaqqum. Pohon ini sangat buruk dan buahnya menjadi sumber makanan bagi para penghuni neraka. Berikut beberapa fakta mengenai zaqqum, pohon yang tumbuh di neraka:

BACA JUGA: Apakah Surga dan Neraka Diperlihatkan di Alam Kubur?

1- Pohon siksaan bagi orang-orang zalim

Allah SWT berfirman yang artinya: ” (Makanan surga) itulah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya ia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka jahim. Mayangnya seperti kepala setan-setan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. Kemudian sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke neraka jahim.” (QS. As Shaffat: 62 – 68)

2- Pohon terlaknat

Allah SWT berfirman yang artinya: “Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon kayu yang terkutuk dalam Al Quran. Dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka.” (QS. al-Isra: 60).

Al-Hafidz Ibnu Katsir menegaskan bahwa yang dimaksud pohon terlaknat dalam ayat di atas adalah pohon zaqqum, berdasarkan kesepakatan ahli tafsir. (Tafsir Ibn Katsir, 5/92).

3- Buahnya bisa menghancurkan isi perut

Buah dari pohon zaqqum bisa menghancurkan isi perut bak minyak panas mendidih yang melelehkan kulit.

BACA JUGA:  3 Pintu Neraka

“Sesungguhnya pohon zaqqum itu. Makanan orang yang banyak berdosa. Dia sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut. Seperti mendidihnya air yang amat panas. (QS. ad-Dukhan: 43- 46).

4- Setetes getahnya bisa menghancurkan kehidupan di bumi

Allah SWT menyebut pohon zaqqum ini sangat panas. Ketika dimakan, seperti makan minyak mendidih. Kata Imam Mujahid – murid Ibnu Abbas –: “Andai setetes getah pohon ini turun ke bumi, akan merusak semua kehidupan penduduk bumi.” (Tafsir Ibnu Katsir, 7/260). []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Yaumul Hisab

10 Kenikmatan Surga Adn (2-Habis)

Yaumul Hisab

10 Kenikmatan Surga Adn (1)

Yaumul Hisab

Masuk Surga karena Tangguhkan Utang Orang Lain

Yaumul Hisab

Manusia yang Pertama Kali Dihisab pada Hari Kiamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *