JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Kajian

10 Adab Tidur Lengkap yang Diajarkan Rasulullah (1)

Tidur merupakan waktu istiirahat yang paling baik sekaligus sebagai kebutuhan pokok dalam tubuh setiap manusia yang harus dipenuhi. Namun, bagaimana adab tidur yang baik itu. Berikut adab tidur yang disampaikan Rasulullah ﷺ:

1- Menutup tempat makan dan minum

Jabir Rasulullah ﷺ, sabdanya, “Tutuplah wadah, ikatlah mulut tempat air – atau sumbatlah, tutuplah semua pintu dan padamkanlah lampu. Sebab sesungguhnya syaitan itu tidak dapat mengurai ikatan tempat air, tidak dapat membuka pintu, juga tidak dapat membuka wadah. Jikalau seseorang di antara engkau semua itu tidak dapat menemukan, melainkan hanya dapat memalangkan sebatang tangkai kecil di atas wadahnya, dan menyebutkan nama Allah, maka hendaklah melakukan sajayang ia dapat melakukannya itu. Sesungguhnya tikus itu dapat menyalakan rumah sesuatu keluarga rumah.” (HR. Muslim)

BACA JUGA: 12 Adab Membaca Quran (1)

2- Memadamkan Api sebelum tidur

Abu Musa berkata, “Ada sebuah rumah di Madinah yang terbakar mengenai penghuni-penghuninya di waktu malam. Setelah hal mereka itu diberitahukan kepada Rasulullah ﷺ, lalu beliau ﷺ bersabda, “Sesungguhnya api itu adalah musuhmu semua. Maka dari itu, jikalau engkau semua tidur, padamkan sajalah api itu dari padamu.” (Muttafaq ‘alaih)

3- Berwudhu sebelum tidur

Al-Bara’ bin ‘Azib pula, berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda kepadaku, “jikalau engkau mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhu’-lah dulu sebagaimana wudhu’mu untuk bershalat” (HR. Muttafaq ‘alaih)

4- Mengibas ranjang tiga kali

Dari Abu Hurairah t berkata: “Rasulullah bersabda: “Apabila salah seorang kalian menuju ranjangnya maka kibaslah ranjang tersebut dengan ujung kainnya, karena sesungguhnya seseorang tidak mengetahui apa yang mengotori ranjang tersebut sepeninggalnya tadi, kemudian dia mengucapkan: (Dengan nama-Mu ya Rabb, aku membaringkan tubuhku, dan dengan (nama)-Mu aku bangun, jika Engkau menahan jiwaku (mematikanku) maka curahkanlah kepadanya rahmat, dan jika Engkau mengirimnya kembali (yaitu memasukkannya ke dalam tubuhku) maka perilaharalah dia seperti Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shaleh)”. Muttafaq ’alaih. Dalam riwayat yang lain: kibaslah ujung bajunya tiga kali.” HR. Bukhari.

BACA JUGA: Adab-adab Buang Hajat dalam Islam

5- Berdoa sebelum tidur

Hudzaifah, berkata, “Nabi ﷺ itu apabila mengambil tempat tidurnya di waktu malam, beliau meletakkan tangannya di bawah pipinya lalu mengucapkan – yang artinya, “Ya Allah, dengan namaMulah saya mati dan hidup,” dan apabila beliau bangun, lalu mengucapkan – yang artinya, “Segenap puji bagi Allah yang memberikan kehidupan kepada kita sesudah mematikan kita dan kepadaNya tempat kembali.” (HR. Bukhari) []

BERSAMBUNG

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Kajian

Takut Miskin karena Punya Anak?

Kajian

Jika Ragu dalam Shalat

Kajian

Adab Menjadi Tetangga yang Baik

Kajian

Hukum Orang yang Dizalimi kemudian Mendoakan Keburukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *