JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Kajian

10 Adab Tidur Lengkap yang Diajarkan Rasulullah (2-Habis)

6- Membaca suarat Muaawidzatain

Aisyah radhiallahu ‘anha bahwasanya Rasulullah ﷺ apabila mengambil tempat pembaringannya – yakni akan tidur, beliau meniup dalam kedua tangannya dan membaca surat-surat Mu’awwidzah – yaitu surat-surat al-ikhlas,al-Falaq dan an-Nas-kemudian dengan kedua tangan itu beliau mengusapkan ke tubuhnya. (Muttafaq ‘alaih)

BACA JUGA:  9 Adab Bertamu (1)

7- Membaca takbir, tasbih dan tahmid 33x

Ali bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda kepadanya dan juga kepada Fathimah – isterinya Ali, “Jikalau engkau berdua menempati tempat tidurmu – yakni akan tidur,” atau, “jikalau engkau berdua mengambil tempat pembaringanmu – yakni hendak tidur, maka bacalah takbir sebanyak tigapuluh tiga kali, tasbih sebanyak tigapuluh tiga kali dan tahmid Juga sebanyak tigapuluh tiga kali.” Dalam riwayat lain disebutkan, “Tasbih itu sebanyak tigapuluh empat kali.” Dalam riwayat lain lagi disebutkan, “Takbir itu sebanyak tiga-puluh empat kali.” (Muttafaq ‘alaih)

8- Berzikir kepada Allah

Abu Hurairah pula Rasulullah ﷺ, sabdanya, “Barangsiapa yang duduk di suatu tempat duduk dan ia tidak berzikir kepada Allah Ta’ala dalam duduknya itu, maka atasnya adalah kekurangan Allah dan barangsiapa yang berbaring di suatu tempat pembaringan dan ia tidak berzikir kepada Allah Ta’ala dalam berbaringnya itu, maka atasnya adalah kekurangan Allah.” (HR. Abu Dawud)

9- Berniat bangun malam

Abu Darda berkata bahwa Nabi ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang tidur dengan berniat akan bangun malam lalu tertidur sampai datang Subuh akan diberi pahala sesuai apa yang diniatkannya. Dan tidurnya adalah sedekah untuknya dari Tuhannya” (HR. Ibnu Khuzaimah)

BACA JUGA: 5 Adab Tertawa bagi Muslimah

10- Tidur dengan sisi badan sebelah kanan

Al-Bara’ bin ‘Azib radhiallahu ‘anhuma, berkata, “Rasulullah ﷺ itu apabila menempatkan diri pada tempat tidurnya, maka beliau tidur atas belahan tubuhnya yang sebelah kanan, lalu mengucapkan – yang artinya, “Ya Allah, saya menyerahkan jiwaku padaMu, saya hadapkan wajahku padaMu, saya aturkan urusanku padaMu, saya tempatkan punggungku padaMu. Demikian itu adalah karena kecintaan serta ketakutanku padaMu. Tiada tempat berdiam dan tiada pula tempat menyelamatkan diri padaMu, melainkan kepadaMu. Saya beriman kepada kitab yang Engkau turunkan serta kepada Nabi yang Engkau utus.” (HR. Bukhari). []

HABIS

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Kajian

Takut Miskin karena Punya Anak?

Kajian

Jika Ragu dalam Shalat

Kajian

Adab Menjadi Tetangga yang Baik

Kajian

Hukum Orang yang Dizalimi kemudian Mendoakan Keburukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *