JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Renungan

Harta Kita, Akan Dihisab

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya.”  (HR.  Tirmidzi)

Tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dibelanjakan, ini menjadi kalimat yang perlu digaris bawahi. Terkadang perempuan senang sekali membeli barang bukan karena kebutuhan tetapi karena keinginan. Kemudian tanpa terasa barang menumpuk di rumah tidak terpakai.

Para sahabat dan orang-orang shalih terdahulu, sangat hati-hati dalam harta mereka. Abdurrahman bin Auf, salah seorang sahabat Rasulullah yang terkaya, ketika Nabi mengabarkan bahwa ia akan masuk surga dengan merangkak karena pertanggungan hartanya, kemudian banyak mensedekahkan hartanya. Namun, tetap saja hartanya masih terus bertambah hingga beliau wafat meninggalkan warisan yang berlimpah untuk keluarganya.

Islam tentu tidak melarang seorang muslim untuk membelanjakan hartanya dengan segala hal yang disukai. Tetapi harta yang kita belanjakan pun, apakah membawa pada kebaikan atau justru keburukan.

Jika kita menyenangi suatu barang, contohnya saja tas, kemudian kita sampai mengkoleksinya dan kemudian lebih banyak waktu kita tersita untuk memandangi atau merawat tas-tas tersebut, bukankah hal tersebut berarti kita telah menghabiskan waktu untuk hal yang sia-sia.

Selain itu Islam mengajarkan untuk tidak boros dan mubazir. Sifat mubazir lebih dekat pada setan, inilah yang harus kita hindari. Pilah pilih barang yang benar-benar kita sukai dan bermanfaat bagi kita. Jika dirasa tidak bermanfaat atau tidak lagi disukai, maka kita bisa mensedekahkannya atau bahkan menjualnya.

Jika barang-barang tersebut masih bernilai dan berguna bahkan kita bisa mewakafkannya pada lembaga yang membutuhkan sehingga barang tersebut justru akan mengalirkan pahala yang berkelanjutan bagi kita. []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Renungan

Sering Kali Manusia Berangan-angan bahwa Ajalnya Masih Jauh

Renungan

Tidak Perlu Resah Ketika Mereka Bergelimang Harta

Renungan

Pantaskah Engkau Balas Kenikmatan yang Allah Berikan dengan Kemaksiatan?

Renungan

Takut yang Keliru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *