JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Kajian

Kewajiban Melunasi Nadzar

Nadzar adalah mewajibkan diri sendiri untuk melakukan sesuatu dengan maksud mengagungkan serta mendekatkan diri kepada Allah.

Para ulama sepakat bahwa saat kita bernadzar, kita wajib untuk melunasi nadzar tersebut. Namun, ada beberapa yang harus diperhatikan saat bernadzar. Nadzar tersebut harus terucap dari mulut kita dan harus diniatkan karena Allah.

Dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari-Muslim dari Aisyah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang bernazar untuk taat kepada Allah, hendaklah ia melaksanakannya, dan barangsiapa yang bernazar untuk bermaksiat, maka janganlah (nazar itu) dilaksanakannya.”

Syekh Uwaidah Utsman juga mengingatkan, seorang Muslim yang telah bersumpah sesuatu kepada Allah SWT harus memenuhi sumpah itu. Sumpah maupun nazar ini wajib dipenuhi.

Memenuhi nazar adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang berjanji untuk melakukan sesuatu demi Allah SWT selama dia mampu.

Selain itu Allah SWT pun memuji orang-orang yang memenuhi nazarnya dalam ketaatan kepada-Nya. Allah berfirman, “Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana.” (QS Al-Insan ayat 7) []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Kajian

Setan Bisa Kuat dan Membesar karena Ucapan Ini

Kajian

10 Orang Terbaik Menurut Hadist Nabi ﷺ

Kajian

Tiga Pokok Maksiat

Kajian

Bahaya Berhutang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *