JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Renungan

Niat

Renungkan sejenak sabda Rasulullah ﷺ ini: 

“Sesungguhnya dunia hanyalah diberikan untuk empat orang. (Pertama), hamba yang Allah berikan ilmu dan harta, kemudian dia bertakwa kepada Allah dalam hartanya, dengannya ia menyambung silaturahmi, dan ia menyadari bahwa dalam harta itu ada hak Allah. Inilah kedudukan paling baik (di sisi Allah). “(Kedua), hamba yang Allah berikan ilmu namun tidak diberikan harta, dengan niat yang jujur ia berkata, ‘Seandainya aku memiliki harta, aku pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan si fulan.’ Maka dengan niatnya itu, pahala keduanya sama. (Ketiga), hamba yang Allah berikan harta namun tidak diberikan ilmu, lalu ia menggunakan hartanya sewenang-wenang tanpa ilmu, tidak bertakwa kepada Allah dalam hartanya, tidak menyambung silaturahmi dan tidak mengetahui bahwa dalam harta itu ada hak Allah. Ini adalah kedudukan paling jelek (di sisi Allah). Dan (keempat) hamba yang tidak Allah berikan harta tidak juga ilmu, ia berkata, ‘Seandainya aku memiliki harta, aku pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan si fulan.’ Maka dengan niatnya itu, keduanya mendapatkan dosa yang sama,” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Al-Baihaqi, Al-Baghawi & Ath-Thabrani).

Ada pelajaran berharga yang dapat kita renungkan dari hadis ini. Pertama, niat baik yang jujur dapat menjadi sebab Allah Ta’ala limpahkan pahala sebagaimana orang yang dimampukan Allah Ta’ala untuk beramal shalih dengan amalan yang baik, besar dan sesuai tuntunan.

Sebaliknya, niat yang buruk pun jika itu merupakan hal yang sungguh-sungguh diniatkannya, akan mengantarkan kepada dosa sebanyak orang yang melakukannnya. Niat buruk, sejauh ini merupakan lintasan yang kemudian kita tepis dengan tidak melakukannya, bahkan berusaha mencegah diri kita dari melakukannya, maka niat buruk tersebut tidak menjatuhkan kita kepada dosa. []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Renungan

Akibat Bermaksiat ketika Sendirian

Renungan

Jika Rezeki Itu ...

Renungan

Pesan bagi Orang yang Berumur 60 dan 70 Tahun

Renungan

Nasihat-nasihat Umar bin Khattab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *