JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Kajian

Keutamaan Makan Berjamaah

Dalam sebuah hadis disebutkan,

ن وحشي بن حرب رضي الله عنه أن أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم قالوا: يا رسول الله إنا نأكل ولا نشبع ؟ قال: فلعلكم تفترقون قالوا: نعم قال فاجتمعوا على طعامكم واذكروا اسم الله يبارك لكم فيه رواه أبو داود

“Bahwasannya para sahabat bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: (Mengapa) kita makan tetapi tidak kenyang? Rasulullah balik bertanya: Apakah kalian makan sendiri-sendiri? Mereka menjawab: Ya (kami makan sendiri-sendiri). Rasulullah pun menjawab: ‘Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua.” (HR Abu Dawud)

BACA JUGA: 2 Dosa Besar yang Membinasakan: Meninggalkan Shalat dan Makan Riba

Keutamaan makan bersama-sama ternyata mendatangkan keberkahan dari Allah.

Kata Wahsyi, sahabat pernah berkata pada Rasulullah ﷺ: “Ya Rasulullah, kami makan tapi kenapa kami tidak kenyang-kenyang?”

Jawaban Nabi ﷺ di luar dugaan kita. Karena urusan kenyang bukan sekadar makan banyak, bukan sekadar sebagus apa nutrisi kita, tapi ada konsep lain dalam Islam yang langsung datang sumbernya dari wahyu.

Rasulullah ﷺ mengatakan: “Falla ‘alakum takkuluna mutafarriqin” (mungkin kalian makannya terpisah-pisah artinya sendiri-sendiri), Qolu na’am (mereka menjawab “iya”).

BACA JUGA: Jangan Mencela Makanan!

Maka Nabi memberikan pesan: “Berkumpulah kalian kalau makan, jadi berkumpul dalam makanan ini terus makan bersama-sama, sebutlah nama Allah, kalian akan diberkahi di makanan itu.”

Ternyata, makan bersama itu adalah konsep Nubuwah, konsep yang diajarkan Nabi ﷺ agar makanan kita diberkahi. Kalau diberkahi itu ternyata maknanya adalah “ini membuat kalian cepat kenyang”. Bukankah pertanyaan sahabat adalah makan yang tak kunjung kenyang? []

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Kajian

Jika Bermimpi Buruk

Kajian

Apakah Pikiran Kotor Termasuk Dosa?

Kajian

6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki (3-Habis)

Kajian

6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki (2-Habis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *