JOIN GRUP WHATSAPP: Pusat Studi Islam

Ibadah

Pendapat-pendapat Para Ulama dalam Hal Melafazkan Niat

Para ulama berbeda pendapat apakah disunahkan melafalkan niat? Sekelompok pengikut mazhab Abu Hanifah, Imam Asy-Syafi’i dan Ahmad berkata, “Hal itu disunahkan agar lebih meyakinkan.”

Sementara sekelompok pengikut mazhab Imam Malik dan Ahmad berkata, “hal itu tidak disunahkan bahkan melafalkan niat adalah bid’ah”, sebab tidak ada satupun hadits dan perkataan para sahabat dan tabiin yang menjelaskan tentang keharusan mendapatkan niat, baik dalam shalat bersuci, dan puasa.

BACA JUGA: Setiap Amalan Tergantung pada Niat

Mereka berkata, “Karena niat itu sudah ada bersama dengan adanya pengetahuan untuk melakukan hal tersebut. Melepaskannya merupakan perbuatan yang sia-sia saja.”

Niat itu terdapat dalam hati manusia, sementara ada orang yang berkeyakinan bahwa niat bukan terdapat di dalam hati, lalu ia hendak menghadirkannya dengan lisannya atau dengan mengucapkannya.

Sesungguhnya suatu upaya untuk menggapai sesuatu yang telah tercapai merupakan suatu hal yang sia-sia maka dengan itu, banyak manusia yang terjerumus ke dalam berbagai perasaan was-was dan keraguan.

BACA JUGA: Jika Berniat Tidak Melunasi Utang

Para ulama telah sepakat bahwa tidak dibenarkan menjaharkan atau melafazkan niat, baik bagi Imam maupun makmum dan orang yang shalat sendirian dan juga tidak disunhahkan untuk mengulanginya.

Perbedaan yang terjadi di kalangan mereka hanyalah mengenai melepaskannya secara sirr atau dalam hati apakah dimakruhkan ataukah disunahkan. []

Sumber: Tazkiatun Nafs, Menyucikan Jiwa dan Mencerminkan Hati dengan Akhlak yang Mulia, Karya: Saikhul Islam Ibnu Taimiyah, Penerbit Darus Sunnah, Jakarta Timur,  Cetakan 2022

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: wa.me/6285860492560 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Instagram: https://www.instagram.com/pusatstudi.islam20/
YouTube: https://www.youtube.com/@pusatstudiislam
Telegram : https://t.me/pusatstudiislam20
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/pusatstudiislam

Related posts
Ibadah

7 Syarat Sujud (2-Habis)

Ibadah

7 Syarat Sujud (1)

Ibadah

Kabar Gembira untuk yang Gemar Berpuasa Sunnah

Ibadah

Sebab-sebab Sujud Sahwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *